INTERAKSI KOMPUTER DENGAN PERANGKAT TAMBAHAN




Beberapa perangkat keras merupakan komponen pokok yang harus ada di sebuah komputer, komponen-komponen lainnya adalah pendukung untuk menambah fungsi komputer.

Pada bab ini kita akan mempelajari bagaimana mengkolaborasikan komputer dengan perangkat tambahan. Umumnya sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut peripheral.

Peripheral adalah perangkat input atau output yang merupakan bagian dan pendukung sistem. Untuk menghubungkan peripheral dengan motherboard maka dibuatlah berbagai tipe port interface (antar muka). Umumnya interface ini dapat dijumpai di bagian belakang cassing  komputer.




PEMASANGAN PERANGKAT TAMBAHAN

Pemasangan perangkat tambahan pada komputer, perlu memperhatikan  tipe-tipe port interface yang terdapat pada motherboard. Tipe port interface sangatlah banyak, pada tabel di bawah akan dijelaskan ilustrasi tipe port interface dan peripheral yang digunakan pada komputer.


No
Gambar
Nama
Fungsi
Contoh Peripheral
1

Port Serial
Port untuk berbagai peralatan serial (serial device)
Mouse dan modem serial
2
Port Paralel
Port untuk berbagai peralatan paralel (parallel device)
Printer, CD ROM eksternal
3
Port PS/2
Port untuk berbagai peralatan standar PS/2
Keyboard dan Mouse PS/2
4
Port VGA
Port untuk piranti output
Monitor, LCD Proyektor
5
Port USB
Port untuk berbagai peralatan USB (Universial Serial Bus)
Mouse USB, keyboard USB, dan flash disk
6
Port Audio
Port untuk berbagai peralatan audio
Pengeras suara, speaker, dan line in
7
Port RJ45 atau Ethernet
Port untuk kabel jaringan
Kabel UTP/ STP
8
Port Fire Wire
Port untuk menghubungkan perangkat FireWire
Digital video
9
Port SCSI
Port untuk menghubungkan perangkat SCSI
Printer, hard disk, tape backup



JENIS PORT YANG DIGUNAKAN UNTUK BEBERAPA HARDWARE

a.    Printer
Untuk menghubungkan perangkat tambahan berupa printer, pastikan terlebih dahulu jenis port yang akan digunakan. Pada beberapa perangkat printer, terutama printer generasi terdahulu banyak yang menggunakan port paralel, namun untuk printer dan scanner generasi sekarang banyak yang menggunakan port USB untuk menghubungkan perangkat tersebut ke komputer.

b.    Scanner
Untuk menghubungkan perangkat tambahan scanner, langkah-langkah yang dilakukan sama dengan ketika kita menghubungkan perangkat tambahan printer ke komputer.

c.    Proyektor
Proyektor LCD memudahkan kita untuk berbagi informasi pada layar monitor komputer dengan semua orang yang berada di dalam ruangan, sehingga lebih mudah dalam menyampaikan presentasi, demonstrasi produk, dan kegiatan lainnya. Agar presentasi kita dapat disimak oleh orang banyak, maka kita harus menghubungkan komputer ke proyektor LCD.




d.    Storage
Storage device umumnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu internal dan eksternal. Pada bagian ini, kita akan membahas media storage eksternal flashdisk.

Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang banyak digunakan saat ini, karena ukurannya yang kecil, ringan, mudah digunakan, dan mempunyai kapasaitas penyimpanan yang relatif besar dibandingkan disket atau CD.
Cara menghubungkan flashdisk ke komputer sangat mudah. Masukkan flashdisk tersebut ke port USB yang telah tersedia. Setelah flashdisk dikenali oleh komputer, kita sudah bisa memulai menyalin data dari flashdisk ke harddisk komputer kita atau sebaliknya.

e.    Koneksi Internet
Koneksi internet adalah sebuah hubungan yang terjadi antara perangkat berbasis komputer dengan jaringan internet yang menghasilkan teknologi komunikasi antara keduanya. Syarat yang harus dimiliki agar terjadinya koneksi internet adalah perangkat berbasis komputer harus memiliki suatu protokol yang bernama TCP/IP, tanpa protokol ini tidak akan memungkinkan terjadinya koneksi internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ujian Aspek Keterampilan (Praktek) tahun 2023 - 2024 Kolaborasi Mapel Informatika, IPS dan PJOK